Kamis, Oktober 29, 2009

Intel OS Moblin 2.1

Intel menyatakan sistem operasi (OS) yang mereka kembangkan dengan berbasis linux yaitu, Moblin 2.1, kini sudah bisa diunduh bagi pengguna netbook.
Moblin 2.1, dimaksudkan untuk menjadi bahan preview untuk para pengembang agar dapat membawa user interface ke berbagai perbaikan, yang sesuai dengan Linux Foundation, yang merupakan pengelola pengembang OS tersebut.
Intel mengumumkan kehadiran Moblin 2.1, pada Intel Developer Forum di San Fransisco, Amerika Serikat, sebagai upgrade dari Moblin 2.0. melalui versi terbaru ini, Intel berharap OS tersebut dikembangkan dan didorong tidak hanya sebagai OS bagi netbook, tetapi juga untuk Dekstop dan perangkat genggam yang berbasis prosecor Atom.


Moblin 2.1 akan menjadi tambahan atas Moblin 2.0 dengan pengembangan untuk menambahkan beberapa fitur baru. Untuk awal OS ini ditujukan untuk netbook, tetapi versi untuk perangkat genggam mobile internet device akan segera menyesuaikan dengan ketersediaan dan pelepasan Platform pada perangkat keras mereka.
Dalam Moblin 2.1, ada aplikasi baru yang ditawarkan yang disebut Moblin Garage dan Moblin Application Installer yang memungkinkan pengguna untuk mengunduh, menginstal ,atau menghapus perangkat lunak .
 Aplikasi dalam OS ini mampu meningkatkan dukungan data 3G mobile broadband agar dapat meningkatkan kemampuan, dan juga memberikan dukungan bluetooth yang lebih baik, OS ini juga memilki dukungan bahasa yang lebih baik dan kernel Linux yang diperbaharui.
Moblin 2.1 juga meliputi dukungan untuk platform Pine Trail yang merupakan platform Intel untuk netbook pada masa yang mendatang . Pine Trail mengintegerasikan prosecor grafis di dalam CPU Atom. Netbooks yang berbasis pada Trail Pine besar kemungkinan akan muncul awal tahun depan.
Versi preview untuk pengembang ini biasanya  dirilis untuk megidentifikasi dan menghapus bug. Rilis ini digunakan juga untuk melakukan pembebasan pemograman untuk membangun perangkat lunak di sekitar OS.  Ketersediaan Mobline 2.1 di skala yang lebih luas direncanakan pada kuartal keempat.
Untuk informasi, Moblin merupakan OS pengembang Intel yang ditujukan utnuk netbook. Beberapa vendor PC yang tertarik menggunakan OS sistem terbuka ini, di antaranya ternasuk Acer Aspire One, Asus Eee PC, dan Dell Min, seorang pejabat Intel mengatakan bahwa perusahaan telah bekerja sama dengan perusahaan hardware utnk menambah kompatibilitas hardware untuk OS.


Artikel Terkait



0 komentar: on "Intel OS Moblin 2.1"

Posting Komentar


Blog ini sudah DOFOLLOW, silahkan memberikan komentar untuk backlink