Senin, Mei 10, 2010

Membangun Komunitas dengan Joomla 1.5.x

Halo sobat - sobat blogger sekalian, sebelumnya saya minta maaf dalam minggu ini barulah kali ini saya dapat kembali lagi memposting di blog ini,, akhir - akhir ini  saya mengalami titk jenuh dalam perkuliahan  (agak stres untuk masalah perkuliahan), belum lagi kesibukan - kesibukan offline saya yang padat, pokoknya mminggu ini depresi berat deh..  . 

Oke langsung aja ya,,,. Posting kali ini saya masih akan membahas tentang Joomla (walaupun baru kenal dengan namanya Joomla) , yaitu membangun komunitas dengan Joomla 1.5.x,  artikel ini mungkin sudah basi untuk para master - master Joomla,  ya seperti biasa artikel ini hanyalah sebagai arsip kita sebagai newbie.
Untuk membangun Komunitas Joomla kita membutuhkan file instalasi yang terdiri dari component , plugin dan module nya, anda  bisa  mendownload filenya disini

Tahap pertama : Kebutuhan dasar dan instalasi
Setelah anda mendownload file di atas yang berupa file zip, ekstrak lah terlebih dulu.
 Pertama kali pilih Menu -> Ekstensions -> Install/Uninstall pada halaman Admin Anda

 
Tekan tombol browse , kemudian temukan file com_compofiler.zip di folder yang telah anda ekstrak tadi.



Tekan Upload file & Install
 
Proses Instalasi berhasil

 

Langkah selanjutnya adalah mengupload file  mod_cblogin, mod_comprofilerModerator,  dan  mod_comprofilerOnline, caranya mengupload sama dengan diatas. Untuk memeriksa file yang sudah terinstal silahkan anda memilih menu  Components -> Community Builder 

Sedangkan untuk memeriksa Module yang telah terinstal silahkan anda memilih menu Ekstensions  -> Module Manager. Module yang baru diinstal dalam kondisi tidak dipublikasikan (tanda x). Aktifkan Module tersebut dengan cara menekan ikon tanda silang (tanda x). 

Modul CB Login berfungsi untuk form login yang berintegrasi dengan Community Builder, Modul CB Online berfungsi untuk menampilkan anggota komunitas yang online.

Sampai sini dulu ya,, nanti Tahap Kedua : Mengatur Konfigurasi akan disambung pada postingan selanjutnya.

Artikel Terkait



0 komentar: on "Membangun Komunitas dengan Joomla 1.5.x"

Posting Komentar


Blog ini sudah DOFOLLOW, silahkan memberikan komentar untuk backlink