Selasa, Maret 30, 2010

Anak Kost Suka Begadang

Artikel yang saya posting kali ini mungkin terbilang OOT (Out Of Topic), eh Out Of Tema kali ya dari blog saya. Tapi gak apa – apalah ,saya hanya sekedar share kehidupan saya selama ngekost, mungkin yang saya ceritakan ini tidak patut dicontoh, walaupun masih ada dampak positif dari begadang.

"Begadang jangan begadang kalau tiada artinya " kata Si Raja dangdut Bang Haji Rhoma Irama, mungkin gak  pernah dengar kali ya teman - teman kostku  lagu yang ini,sukanya sama  AVENGED 7 FOLD, MUSE , LP atau lagu - lagu asing yang lainya, yang kurang ngerti tentang artinya tetapi tetap asyik kalau ngederin.

Begadang hampir tiap malam dilakukan oleh teman – teman satu kostku ini, mungkin juga dilakukan oleh anak anak kost yang lainnya. Dari berbagai macam kegiatan yang dilakukan, main gaple, main PS sampai pagi, atau sekedar bincang – bincang yang hampir tidak berujung yang berakibat selalu tidur di larut malam bahkan dini hari. 
Apa akibatnya bagi anak – anak kost ..?
berikut ini adalah akibat – akibat begadang dari yang saya alami dan teman – teman lainnya ,,
  • Biaya akan bertambah saat begadang entah itu untuk membeli kopi instans , membeli rokok bagi yang bisa merokok atau kadang – kadang pergi keluar untuk makan
  • Selalu bangun kesiangan,ujung – ujungnya berakibat terlambatnya masuk kuliah atau bahkan tidak masuk sama sekali,walau masuk pun akan berakibat kuliah akan  terganggu dan kurangnya konsentarsi saat menerima pelajaran.
  •  Tidak akan terbangun saat orang Azdan Subuh, ya pastilah tidak melakukan shola,t wah,,wah,, paraahhh.
  • Yang ini lebih ngeri, begadang beresiko menyebabkan kanker.

Nah yang dibawah ini adalah kronologis proses saat kita tidur :
  • Malam hari pukul 21 - 23 : adalah pembuangan zat- zat tidak berguna/beracun (de-toxin) di bagian sistem antibodi (kelenjar getah bening).Selama durasi waktu ini seharusnya dilalui dengan suasana tenang atau mendengarkan musik. Bila kita melalui saat –saat ini dengan tidak santai, hal ini dapat berdampak negatif bagi kesehatan.
  • Malam hari pukul 23 – dini Hari pkul 1 : saat proses de-toxin di bagian hati, harus berlangsung dalam kondisi tidur pulas.dini hari atau tengah malam hingga pukul 4 subuh adalah waktu bagi sumsum tulang belakang untuk memproduksi darah
  • Dini hari pukul 1 hingga 3: proses de-toxin di bagian empedu, juga berlangsung dalam kondisi tidur. kalau anda masih bangun atau terjaga atau begadang maka proses detoksifikasi ini akan terpengaruh dikarenakan aktifitas anda saat begadang.
  • Dini hari pukul 3 hingga 5 : de-toxin di bagian paru-paru. Sebab itu akan terjadi batuk yang hebat bagi penderita batuk selama durasi waktu ini. Karena proses pembersihan (de-toxin) telah mencapai saluran pernafasan, maka tak perlu minum obat batuk agar supaya tidak merintangi proses pembuangan kotoran.
  • Pagi pukul 5 subuh hingga 7 pagi : de-toxin di bagian usus besar, pada waktu ini anda akan mendapatkan tekanan yg kuat di bagian bawah anda untuk segera membuang hasil kerja ginjal anda.
  • Pagi pk 7 - 9 : waktu penyerapan gizi makanan bagi usus kecil,harus makan pagi. Bagi orang yang sakit sebaiknyamakan lebih  sebelum pk 6:30. Makan pagi sebelum pk 7:30 bagi mereka yang menjaga kesehatannya. Bagi mereka yang tidak makan pagi harap merubah kebiasaannya ini, bahkan masih lebih baik terlambat makan pagi hingga pk 9- 10 daripada tidak makan sama sekali.
  • Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang akan mengacaukan proses pembuangan zat-zat tidakberguna. Selain itu, dari tengah malam hingga pukul 4 dini hari adalah waktu bagi sumsum tulang belakang untuk memproduksi darah. Sebab itulah, tidurlah yang nyenyak dan jangan begadang.
Sumber disini (dengan sedikit perubahan) 

Semoga bermanfaat….!!!

Artikel Terkait



30 komentar: on "Anak Kost Suka Begadang"

alhadad mengatakan...

anak rumahan juga pegadangers bro,,, saia contoh na,,, :D :D

riz mengatakan...

wah memang begadang diperlukan kalaupun adanya keperluan yang sangat2 mendesak...
nice post sobat

Dede Al Mustaqim mengatakan...

@alhadad : wah sepupu ku datang,, dirumah aku kd bisa bagadang broo..!!!

Dede Al Mustaqim mengatakan...

@riz : nah terkecuali yang itu,mungkin lagu Bang Haji jadi gini "begadang boleh begadang asalkan ada artinya" :D

Bee'J mengatakan...

ngeblog ini yang selalu bikin mata melek hingga larut malam :(
tapi alhamdulillah, subuh ga pernah kesiangan :)

bayuputra mengatakan...

wah namanya juga anak kost mas...heeee

bayuputra mengatakan...

bayu juga pernah merasakannya.. kalau dulu bayu banyak menempuh mata kuliah atas supaya cepat selesai jadi kuliah Full 1 hari kadang2 mata kuliah praktek bisa di tempuh 3x dalam satu hari ... jadi dari jam 7 pagi sampe jam 6 sore full kuliah ... malam istrht sebentar nah jam 12 malam baru silahturahmi dgn anak2 kost .. yah ngeliat acara Bola atau sekedar main gaple... heee..
duh jadi kangen sama suasana kost...

ALRIS mengatakan...

Ya, begadang jangan begadang kalo tiada artinya. Begadang ngerjain tugas kuliah, baru sip. Salam silaturahim.

kimsanada mengatakan...

ane mah biasanya begadang gara2 ngenet nyari/ bikin tugas atau sekedar ngeblog. :D

widan mengatakan...

gan link u udah kepasang.. betull... ehh walaupun aku orang rumahan aku juga suka begadang loohhh

__Avienz__ mengatakan...

Hahhahahahahahahhahaa, dasar bujangan...

dindaagustriyana mengatakan...

aaaaaaaaaa ... ini mah nyindir saya ... he he ..
tapi, kalo emang lagi penting ... tak apa lah ... :D

salam CeLoTeh ...

♥ria♥ mengatakan...

aku jg sering bergadang telp2an ma pacar mpe panas kuping :D

Dede Al Mustaqim mengatakan...

@Bee'J : saya juga kadang2 ngeblog bikin begadang,, postingan nie juga di post larut malam ,,hi :D

@mas bayu : wah gak jauh beda dengan saya mas ya,,, hee,, he:D:D

Dede Al Mustaqim mengatakan...

@Alris : wah saya sering ngerjain tugas kuliah larut malam,, ya terpaksa juga begadang :)

@kimsanada :sama aja bro kaya ane :)

Dede Al Mustaqim mengatakan...

@widan : makasih gan,,segera saya pasang dipasang link ente,, kalau di rumah ane gak bisa begadang gan :( :(

@avienz :carikan pang......!!!!!!!!!!!!!!!! ::) :) :)

Dede Al Mustaqim mengatakan...

@dinda :saya yang nulis juga tersindir alias nyindir diri sendiri ,,,he

@ria : kalau itu sih asyik namanya

Deny_Marisa mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Deny_Marisa mengatakan...

Deny_Marisa mengatakan...

wah...
saya juga sering nih... :D
tapi saya tidur jam 10-11 malam. :p
kalau lebih dari itu,dipastikan karena mata saya tak mau terpejam dikarenakan takut tidur sendirian.. :(( :D

orangefloat mengatakan...

yang bikin postingan ini masih suka begadang ngak setelah tahu sisi negatif akibat begadang

akhta mengatakan...

Orang yg pernah kuliah tentu pernah merasakan masa seperti mas dede sekarang alami. Tapi.....
Konon orang yang suka begadang dibarengi dengan hal yg bermanfaat katanya lebih cerdas. Kebanyakan para ilmuwan, pengusaha, politikus, pejabat, wartawan, dan guru seperti saya kurang tidur. Saya terbiasa tidur hanya 4 jam max dalam sehari. Alhamdulillah saya tetap sehat.http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/21.gif

Dede Al Mustaqim mengatakan...

@orangefloat : kalau ditanya begitu,, ya kadang2 terpaksa harus begadang,, karena masih banyak kerjaan/tugas yang tidak sempat dikerjakan pada siang harinya :(

@mas akhta : benar banget mas ,, salah satu dosen saya yang terbilang pintar juga tidurnya hanya 4 jam sehari :) :)

iin syah mengatakan...

Wah, ;)) resiko kenker nih, aku begadang terus tiap malam...
ilham buat nulisnya datang malem aja sih,
gmn nich?!

Arez_Reza mengatakan...

waduh kalo berdagang sambil begadang gmana bro?
hahaha

kunjung balik bro.....insyaallah cuirast update tiap hari

Mr. ek@ mengatakan...

Nasib anak kos bro... Sama kayak ane, mau gimana lagi tiap hari dapat tugas kampus... Begadang sampai malam demi masa depan. Itung2 sambil tirakat dan prihatin.
Parahnya kadang gak bisa tidur kalau belum denger suara adzan subuh. Hehe...
Btw, makasih sudah berkunjung ke tempat ane....

Dede Al Mustaqim mengatakan...

@iin_syah : wah susah kalau gitu :)

@arez: dagang apa bro tengah malam,jangan jangan,, hii,hiii
sip bro,,tetap semangat mempostingnya

@Mr.ek@ : memang nasib bro jadi anak kost,,, menderita, sama aja bro kadang2 ane juga gak bisa tidur tuh sampai pagi,, :p :p :p

sama2 bro,, sering2 main kesini bro,Insya Allah saya juga akan sering ke tempat ente, :) :)

yusami mengatakan...

pernah sih ngalamin, sekarang gak kuat lagi begadang udah kropos nih.

Deny_Marisa mengatakan...

Deny_Marisa mengatakan...

wah...
saya juga sering nih... :D
tapi saya tidur jam 10-11 malam. :p
kalau lebih dari itu,dipastikan karena mata saya tak mau terpejam dikarenakan takut tidur sendirian.. :(( :D

Dede Al Mustaqim mengatakan...

@Bee'J : saya juga kadang2 ngeblog bikin begadang,, postingan nie juga di post larut malam ,,hi :D

@mas bayu : wah gak jauh beda dengan saya mas ya,,, hee,, he:D:D

widan mengatakan...

gan link u udah kepasang.. betull... ehh walaupun aku orang rumahan aku juga suka begadang loohhh

Posting Komentar


Blog ini sudah DOFOLLOW, silahkan memberikan komentar untuk backlink